DANAU LABUAN CERMIN





Danau Labuan cermin adalah  sebuah danau yang memiliki air yang sangat jernih kebiruan bagaikan sebuah kaca. Danau ini memiliki dua lapisan air, lapisan paling atas mempunyai rasa tawar, dan yang paling bawah berasa asin. Dan aneh nya lagi kedua air itu tidak bercampur sama sekali.


Selain danau labuan cermin yang fenomenal dan terkenal dengan air nya yang super bening seperti kaca. Kita juga bisa menikmati keindahan teluk sulaiman yang sangat indah, dengan garis pantai yang sangat panjang, dengan air laut yang tidak kalah jernih dengan danau labuan cermin. Teluk sulaiman sendiri berada tidak jauh dari danau labuan cermin.





  • KEUNIKAN
Keramahtamahan warga, Hutan hujan tropis yang masih sangat alami dan tentunya kejernihan danau labuan cermin yang memiliki 2 rasa. Danau labuan cermin sendiri terdapat 2 jenis peghuni, yaitu  hewan air tawar di bagian atas dan terdapat jenis ikan air asin dan terumbu karang di bagian bawah danau. Untuk menikmati keindahan bawah air danau labuan cermin disana juga ada penyewaan alat snorkling.




 




Warna air di danau ini bergradasi dari biru tua, biru muda, putih dan hijau di area luar danau. Sesuai dengan namanya, airnya yang jernih pun berkilat seperti cermin. Dasar danau pun bisa kita lihat dengan jelas dari atas permukaan air padahal kedalaman danau ini lebih dari 3 m. Kita bisa berenang, menyelam maupun snorkeling di tempat ini. Danau Labuan Cermin merupakan danau campuran antara danau air tawar dan air asin. Permukaan danau ini akan terasa asin, sementara di dasar danau airnya akan terasa tawar. Saat kita menyelam agak ke dalam, maka batas antara air asin dan air tawarnya akan terlihat jelas. Hal tersebut pula yang menyebabkan biota di dalam danau ini sangat beragam.







  • LOKASI DAN RUTE
Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb. Untuk mencapai Berau sendiri ada beberapa cara seperti yang biasa dilakukan untuk mencapai Kepulauan Derawan. Memang biasanya wisatawan yang kesini biasanya terlebih dahulu mengunjungi surga bawah laut di Kepulauan Derawan.


Pengelolaan wisata danau labuan cermin
ini di kelola oleh kelompok wisata bahari danau labuan cermin. untuk menuju ke danau labuan cermin agak repot karena harus menggunakan perahu, tapi disitulah letak sensasinya.


Comments

Popular posts from this blog

SURAT KUASA PEMBUATAN KARTU KELUARGA (KK)