JUST BEAUTIFUL BEACH IN INDONESIA

 PANTAI TERINDAH DI INDONESIA
  • GILI AIR,GILI TRAWANGAN, DAN GILI MENO

  • GILI AIR
Gili Air merupakan salah satu dari tiga pulau gili terkenal di Lombok, yaitu Gili Trawangan, dan Gili Meno. Ketiga pulau ini terkenal dengan keindahan pantainya, maka tak heran apabila Gili Air menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Lombok.

Dari ketiga pulau gili yang telah disebutkan diatas, Gili Air merupakan pulau yang letaknya paling dekat dengan pulau Lombok.Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan berada di kawasan barat pantai Lombok, serta mampu menampilkan gambaran keindahan pantai-pantai yang berada di Lombok. Lokasi Gili Air tepatnya teletak di Desa Gili indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

Berkunjung ke Gili Air wisatawan dapat menjelajahi beberapa titik untuk menikmati keanekaragaman hayati laut Indonesia. Diantaranya pengunjung dapat melihat spot kuda laut, kura-kura, beragam ikan dengan berbagai warna, serta keanekaragaman penghuni laut lainnya. Masyarakat setempat mnyebut GIli Air dengan nama "Tengaq Aiq" yang berarti ditengha-tengah laut. Mayoritas penduduk asli Gili Air berasal dari suku bugis dan suku sasak, dan mereka bermata pencaharian utama sebagai nelayan, pedagang, dan pemandu wisata. Mayoritas pengunjung GIli Air merupaka wisatawan mancanegara, seperti dari negara Inggris, Prancis, Australia, Belanda, Italia, maupun negara-negara lainnya. Gili Air biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada bulan Juli hingga Agustus.
  • GILI TRAWANGAN
Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Di antara ketiga gili tersebut, Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam; kedai "Tîr na Nôg" mengklaim bahwa Trawangan adalah pulau terkecil di dunia yang ada bar Irlandia-nya. Bagian paling padat penduduk adalah sebelah timur pulau ini.

Trawangan punya nuansa "pesta" lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau.
Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.

Kelebihan Gili Trawangan dibandingkan dengan pantai lain adalah kita dapat menikmati sunset dan juga sunrise sekaligus di pantai ini! Hal ini terjadi karena Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap timur dan menghadap barat, dan jaraknya tidak terlalu jauh. Sehingga baik sunrise maupun sunset dapat kita nikmati di pantai ini.

Di Gili Trawangan juga kita dapat melihat kesenian bela diri tradisional yang bernama presean atau stick fighting yang biasanya dipertontonkan disekitar pasar seni Gili Trawangan. Kegiatan paling favorit dari para wisatawan di Gili ini yaitu Scuba Diving, Snorkeling, bermain kayak, dan berselancar.

  •  GILI MENO
Gili Meno adalah salah satu dari tiga pulau kecil, selain Gili Trawangan dan Gili Air, yang menjadi kawasan wisata bahari. Tempat ini dapat dicapai dari Kota Mataram sekitar 45 menit berkendaraan darat dengan perjalanan melewati Pantai Senggigi yang berlatarkan pemandangan pantai yang menakjubkan serta hutan lindung. Di sini terdapat taman burung yang mempunyai koleksi burung-burung langka dari Indonesia dan mancanegara. Pasirnya putih dan masih alami. Di Gili Meno kendaraan bermotor sangat dibatasi, demikian pula penggunaan listrik. Alternatif kendaraan hanya terdapat sepeda dan Cimodo.

Di Gili ini anda bisa snorkeling atau berenang sembari menikmati karang dan biodiversitasnya. Di Pulau ini menyajikan kicauan-kicauan burung yang mampu menenangkan hati dan pikiran anda. Jika tidak puas hanya dengan mendengar kicauannya, anda juga bisa memegangnya secara langsung dengan mengunjungi Bird Park yang terletak di Bird Pak Homestay.











  • PANTAI PANDAWA

Pantai Pandawa adalah salah satu kawasan wisata di area Kuta selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini terletak di balik perbukitan dan sering disebut sebagai Pantai Rahasia (Secret Beach). Di sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung Pandawa. dan Kunti. Keenam patung tersebut secarara berurutan (dari posisi tertinggi) diberi penejasan nama Dewi Kunti, Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sahadewa.

Selain untuk tujuan wisata dan olahraga air, pantai ini juga dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut karena kontur pantai yang landai dan ombak yang tidak sampai ke garis pantai. Cukup banyak wisatawan yang melakukan paralayang dari Bukit Timbis hingga ke Pantai Pandawa.
Kawasan pantai ini juga sering digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar untuk sinetron FTV.













  •  PULAU BELITUNG
Belitung, atau Belitong (bahasa setempat, diambil dari nama sejenis siput laut), dulunya dikenal sebagai Billiton adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatra, Indonesia, diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Pulau ini terkenal dengan lada putih (Piper sp.) yang dalam bahasa setempat disebut sahang, dan bahan tambang tipe galian-C seperti timah putih (Stannuum), pasir kuarsa, tanah liat putih (kaolin), dan granit. Serta akhir-akhir ini menjadi tujuan wisata alam alternatif. Pulau ini dahulu dimiliki Britania Raya (1812), sebelum akhirnya ditukar kepada Belanda, bersama-sama Bengkulu, dengan Singapura dan New Amsterdam (sekarang bagian kota New York). Kota utamanya adalah Tanjung Pandan.

Keindahan Pulau Belitung mulai terekspos sejak adanya film Laskar Pelangi. Meskipun pulau ini terkenal dengan lada putih dan pertambangan mineral jenis C seperti timah putih, pasir kuarsa, tanah liat putih (kaolin), dan batu-batu granit, tetapi pulau ini memiliki keindahan pantai yang super indah. Pantai di Pulau Belitung berciri khas memiliki batu granit yang besar pasir lembut seputih salju, dan air laut biru super jernih. dan salah satu pantainya adalah Tanjung Tinggi










  • PANTAI PINK / PANTAI TANGSI
Pantai Tangsi atau yang lebih dikenal dengan Pantai Pink dari Pulau Lombok terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur adalah sebuah destinasi wisatawan yang menarik dan patut untuk dikunjungi karena keunikannya. Pantai ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir pantai berwarna pink, dan satu dari dua pantai di Indonesia yang memiliki pasir pantai berwarna pink.

Warna pink pada pasirnya terbentuk karena butir-butir asli warna putih pasir bercampur dengan serpihan karang merah muda. Bias sinar matahari dan terpaan air laut menambah semakin jelas terlihat warna pink pantai tersebut. Pantai ini begitu tenang dan hanya memiliki ombak yang kecil sehingga membuat wisatawan lebih nyaman ketika bermain disana. Keindahan Pantai Pink pun terlihat sempurna dengan hamparan bukit di sekelilingnya. Di sisi kiri ada bukit dengan padang rumput yang luas dan dari bukit inilah pemandangan Pantai Pink terlihat sangat indah. Selain itu, ada juga tanjung yang eksotis di sisi kanan dengan gazebo yang memang disediakan di atasnya.

Letaknya yang tersembunyi dan jauh dari pusat kota membuat pantai ini terjaga keindahannya. Infrastruktur yang tidak memadai membuat anda harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari kota Mataram dan ketika anda sampai di sana jangan harap akan menemukan warung atau penginapan. Oleh karena itu, disarankan anda membawa makanan dari kota dan kembali ke kota untuk menginap.






  •  PANTAI SAWARNA, BANTEN

Berkunjung ke Banten jangan lupa mampir ke salah satu obyek wisata yang cukup populer di Banten, Pantai Sawarna. Keindahan Pantai Sawarna di Banten layaknya pantai lain yang sudah terkenal di Banten seperti Pantai Carita ataupun Pantai Anyer. Pantai Sawarna berlokasi di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Panorama alam Pantai Sawarna memang cukup memukau, akan tetapi untuk mencapai pantai ini, anda harus berjuang keras karena akses jalan menuju Pantai Sawarna tidak semulus yang anda bayangkan. Aspal jalan sudah banyak yang rusak sehinga cukup sulit untuk dilalui. 

Akan tetapi semua perjuangan anda untuk mencapai Pantai Sawarna akan terbayar setelah anda benar-benar membuktikan keindahan yang sebenarnya Pantai Sawarna ini.









Pantai Sawarna merupakan pantai Banten yang masih bersih dan belum terkena berbagai pencemaran berbagai polusi. Yang membuat Pantai Sawarna menjadi lebih indah dikarenakan adanya perpaduan antara pemandangan yang asri dari hijaunya pepohonan hutan tropis dengan pasir putih dan air yang jernih serta pemandangan yang menghadap langsung ke samudra hindia. Panjang bibir Pantai Sawarna sekitar 65 km. Anda pun dapat berjalan-jalan dan mencari spot atau area yang tepat untuk dapat mengabadikan berbagai pemandangan di Pantai Sawarna.

-Source: http://www.makintahu.com/2015/06/wisata-pantai-sawarna-banten.html





  • PANTAI DERAWAN, KALIMANTAN TIMUR
Pulau Derawan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur Satuan morfologi Pulau Derawan adalah dataran pantai bertopografi datar. Pantai pasir memiliki kemiringan lereng sekitar 7° - 11° dengan lebar 13,5 - 20 meter.

Pulau Derawan telah dicalonkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2005.
Di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter. Terdapat beraneka ragam biota laut di sini, di antaranya cumi-cumi (cuttlefish), lobster, ikan pipa (ghostpipe fish), gurita (bluering octopus), nudibranchs, kuda laut (seahorses), belut pita (ribbon eels) dan ikan skorpion (scorpionfishes).

Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai "Blue Trigger Wall" karena pada karang dengan panjang 18 meter tersebut banyak terdapat ikan trigger (red-toothed trigger fishes).

Untuk lebih lengkapnya bisa di liat di postingan saya KNOW THE ISLANDS DERAWAN KALIMANTAN INDONESIA








  •  TOMINI BAY, GORONTALO
Begitu banyak banyak alasan kenapa Gorontalo sangat cocok menjadi tempat buat kamu untuk liburan, budaya unik dan keindahan alamnya serta warga yang ramah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan,  Tomini Bay memiliki habitat bawah laut yang sangat indah, sehingga tempat ini sangat cocok buat kamu yang mempunyai hobi diving.
Keindahan bawah laut di Tomini Bay seperti surga dunia jadi rasanya sangat sulit untuk mendandingi kecantikannya, Tomini Bay merupakan teluk paling besar yang ada di indonesia, memiliki luas sekitar 6.000.000 hektar dan mempunyai 90 pulau, Untuk kalangan penyelam dari luar ataupun dalam negeri, Tomini Bay menjadi primadona bagi mereka.
Buat kamu yang mempunyai niat mengunjungi Sulawesi, tepatnya ke Gorontalo, jangan sampai lupa untuk memasukan nama Tomini Bay sebagai tujuan wisata kamu, Paling tidak ada 5 alasan kamu harus ke Tomini Bay.





 
Home » Jalan-Jalan » Pantai » Wisata Pantai Sawarna - Banten Wisata Pantai Sawarna - Banten Admin Jalan-Jalan, Pantai MakinTahu.com - Pantai Sawarna merupakan pantai yang terletak di Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Pantai yang eksotik dan indah ini cocok sebagai tempat wisata bagi keluarga anda. Ciri khas dari Pantai Sawarna adalah adanya batu besar atau umumnya warga disana menyebutnya dengan batu layar. Batu tersebut berada di pinggiran dekat bibir pantai dan merupakan salah satu pemandangan yang sangat indah. Wisata Pantai Sawarna - Banten source detik.com Pantai Sawarna merupakan pantai Banten yang masih bersih dan belum terkena berbagai pencemaran berbagai polusi. Yang membuat Pantai Sawarna menjadi lebih indah dikarenakan adanya perpaduan antara pemandangan yang asri dari hijaunya pepohonan hutan tropis dengan pasir putih dan air yang jernih serta pemandangan yang menghadap langsung ke samudra hindia. Panjang bibir Pantai Sawarna sekitar 65 km. Anda pun dapat berjalan-jalan dan mencari spot atau area yang tepat untuk dapat mengabadikan berbagai pemandangan di Pantai Sawarna.

-Source: http://www.makintahu.com/2015/06/wisata-pantai-sawarna-banten.html
Pantai Sawarna merupakan pantai Banten yang masih bersih dan belum terkena berbagai pencemaran berbagai polusi. Yang membuat Pantai Sawarna menjadi lebih indah dikarenakan adanya perpaduan antara pemandangan yang asri dari hijaunya pepohonan hutan tropis dengan pasir putih dan air yang jernih serta pemandangan yang menghadap langsung ke samudra hindia. Panjang bibir Pantai Sawarna sekitar 65 km. Anda pun dapat berjalan-jalan dan mencari spot atau area yang tepat untuk dapat mengabadikan berbagai pemandangan di Pantai Sawarna.

-Source: http://www.makintahu.com/2015/06/wisata-pantai-sawarna-banten.html

  •  PANTAI NIHIWATU 
Pantai Nihiwatu yang berada di wilayah Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini merupakan salah satu tujuan para surfer atau peselancar kelas dunia untuk mencoba keganasan ombak pantai tersebut. Bahkan para peselancar menjuluki pantai ini dengan sebutan God’s Left. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang berasal dari luar negeri. Untuk dapat menikmati keindahan dan kedahsyatan ombak di Pantai Nihiwatu tidak sembarang orang yang dapat melakukannya, termasuk orang Sumba sendiri. Pantai Nihiwatu memang merupakan salah satu pantai yang mempunyai sifat privasi bagi kalangan tertentu. Hal ini memang terdengar sedikit aneh, tetapi itulah kenyataan yang berlaku untuk Pantai Nihiwatu.


Pantai Nihiwatu masuk dalam urutan ke-17 dalam daftar CNN World’s 100 Best Beaches In The World. Pantai ini memiliki pasir yang putih, air laut super jernih dan yang paling menarik perhatian wisatawan yang datang adalah pemandangan matahari terbenamnya yang super cantik.
Di sini terdapat Nihiwatu Resort yang mengesankan. Beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan di sini di antaranya diving, berselancar, menikmati sunset atau bergabung bersama penduduk lokal untuk










  • PANTAI ORA, MALUKU

Pantai Ora adalah suatu pantai yang terletak pulau Seram, kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah, Maluku, Indonesia. Pantai yang berlokasi di ujung barat teluk Sawai ini berada di sebelah desa Saleman dan desa Sawai, di tepi hutan Taman Nasional Manusela. Pantai Ora memiliki karakteristik pantai yang berpasir putih dengan air yang sangat jernih dan tenang dengan kekayaan terumbu karang, ikan dan aneka ragam biota laut lainnya. Pantai Ora dan desa Sawai merupakan objek wisata di teluk Sawai yang setiap tahunnya dapat menyedot sekitar 500 wisatawan dari dalam dan luar negeri (2013). 

Pantai Ora memiliki resor penginapan yang mengambang di atas pantai. Sementara di desa Sawai terdapat pondok wisata yang berada di antara pemukiman penduduk yang juga terapung di pantai. Berbagai kegiatan wisata yang dapat dilakukan di pantai Ora antara lain wisata alam, wisata tirta, snorkeling, selam, wisata kuliner, jelajah gua dan fotografi. 

Bisa dikatakan bahwa Pantai Ora adalah surga yang tersembunyi di Maluku Tengah. Keindahan Pantai Ora serupa dengan Pantai Boracay di Filipina atau Pantai Bora-Bora di Samudera Pasifik. Di pantai ini terdapat Ora Beach Resort yang menyediakan 6 cottage.

Secara detailnya saya bahas di postingan THE BEAUTY OF THE BEACH ORA MALUKU TENGAH








Artikel Terkait 

Comments

Unknown said…
indonesia itu indah

Popular posts from this blog

SURAT KUASA PEMBUATAN KARTU KELUARGA (KK)

HOW TO DOWNLOAD YOUTUBE VIDEO WITHOUT SOFTWARE