MENGATASI HEADSET MODE DI HP ANDROID

Mengatasi Headset Mode di HP ANDROID

 

Kali ini sharing tentang pengalaman dimana ponsel selalu muncul tanda headset terus meskipun perangkat headset sudah dicabut, sehingga saat digunakan untuk telepon atau mendengarkan file mp3 tidak ada suaranya. Dan kalau ingin ada suaranya harus memasang headset atau earphone lagi baru bisa didengarkan dari headset itu tadi.

Icon headset yang muncul terus menerus disebabkan smartphone mendeteksi adanya headset yang terpasang, padahal tidak ada. Masalah ini biasanya disebabkan oleh kerusakan konektor headset atau komponen pendukungnya karena sering pasang / cabut headset atau mungkin menggunakan headset HP lain yang tidak cocok dan sebagainya.

Pernah menangani handphone Xiaomi Redmi 3x selalu ada icon tanda headset terus dan diantara langkah-langkah yang saya coba :

Cara pertama, cabut kemudian masukkan headset atau earphone secara berulang-ulang sampai lambang headset atau earphone akan hilang dengan sendirinya.

Cara kedua, coba dengan meniup lubang headset dengan pelan atau bertenaga tepat pada lubang headset, kalau ada kompressor bisa dicoba anginnya lebih kenceng hehe...

Cara ketiga, masukan headset setengah saja jangan sampai penuh klek, cukup sebagian kemudian diketuk-ketuk perlahan seperti disentil-sentil pelan-pelan. Karena untuk beberapa kasus saat icon mode headset tidak mau hilang, headset dimasukan konektornya setengahnya baru mau fungsi headsetnya sedangkan kalau dimasukan full penuh headset tidak mau bunyi.

Cara keempat, coba bersihkan lubang headset dengan cutton bud yang dibasahi dengan tiner tetapi handphone dalam kondisi sudah dimatikan jangan kondisi nyala nanti bisa konslet hehe...

Cara terakhir, ini andalah ketika semua cara diatas sudah dilakukan tetapi belum juga berhasil. Yaitu dengan memasang aplikasi Sound About. Setelah terpasang buka aplikasinya kemudian ubah menu earphone ke speaker sehingga bisa mendengarkan musik misalnya tanpa memasang headset. Untuk pengaturan saat ada call atau panggilan pada menu Phone Call Audio centang Earpiece agar suara normal speaker telepon. Dengan cara ini akhirnya problem solve meskipun agak repot sedikit, karena pernah coba ganti konektor headset tetap belum menyelesaikan masalah.

Sekain sharing artikel tentang cara terbaik mengatasi HP mode headset terus, semoga bermanfaat.

 


Comments

Popular posts from this blog

SURAT KUASA PEMBUATAN KARTU KELUARGA (KK)